LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PENGARUH CAHAYA PADA PERKECAMBAHAN KACANG HIJAU

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI
PENGARUH CAHAYA PADA PERKECAMBAHAN KACANG HIJAU
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas biologi

Guru Pembimbing:
IBU

Oleh:
ANDIKA TYAS A.
ANNIS AULIYA AMIR
CHINTIA NEZA
NENCY
WARAPSARI

KELAS XII IPA-1

SMA NEGERI NGORO
TAHUN AJARAN 2011/2012

KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang memberikan bimbingan dan pertolongannya sehingga dalam penulisan Laporan Praktikum Biologi ini bisa berjalan dengan lancar.
Penulisan Laporan Praktikum Biologi ini dimaksudkan penulis untuk memenuhi tugas mata pelajaran Biologi Kelas XII Semester I Tahun Ajaran 2011/2012. Selain itu, penulisan Laporan Praktikum Biologi ini dimaksudkan sebagai penambah wawasan pembaca serta sumbang saran kepada pelajar dan masyarakat Indonesia, khususnya pelajar dan masyarakat Desa dalam memahami tentang Perkecambahan Kacang Hijau.
Di sisi lain, penulis mengajak kepada para pembaca agar dapat memahami dan mendalami masalah topik di atas, sekaligus menerapkan hasil Laporan Praktikum Biologi ini dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak lupa kami ucapkan terima kasih atas kontribusi berbagai pihak, yaitu:
1. Ibu Suharmastuti, S.Pd selaku guru Biologi Kelas XII IPA-1di SMAN Ngoro
2. Orang tua kami yang telah memberi dorongan, baik secara moril maupun materiil sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan Praktikum Biologi ini.
3. Sahabat-sahabat kami yang telah memberi dukungan dan telah membantu pelaksanaan penelitian hingga karya ini selesai.
4. Dan semua pihak terkait yang mendukung penyelesaian Laporan Praktikum Biologi ini.
Ngoro, September 2011

Penulis
Dalam penyusunan Laporan Praktikum Biologi ini, penulis menyadari akan segala kekurangannya, untuk itu kritik dan saran dari pembaca sangat diperlukan demi perbaikan Laporan Praktikum Biologi ini. Akhir kata, semoga Laporan Praktikum Biologi ini bermanfaat bagi penulis dan terutama bagi unsur-unsur yang berkepentingan.

DAFTAR ISI
No. Daftar Isi Halaman
1. Halaman Judul ……………………………………… 1
2. Kata Pengantar ……………………………………… 2
3. Daftar Isi ……………………………………………. 3
4. BAB I : PENDAHULUAN …………………………… 4
5. BAB II : TINJAUAN PUSTAKA……………………. 5
6. BAB III: METODOLOGI PENELITIAN………….. 6
7. BAB IV: HASIL DAN PEMBAHASAN…………. 8
8. BAB V: PENUTUP………………………………………. 9
9. DAFTAR PUSTAKA ………………………………….. 10

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Laporan Praktikum Biologi in kami buat untuk memenuhi tugas biologi yang diberikan oleh Bu Suharmastuti selaku guru biologi di SMA Negeri Ngoro. Dengan dibuatnya Laporan Praktikum Biologi ini diharapkan dapat berguna bagi siapapun yang membacanya. Dan juga dapat menambah pengetahuan dari para pembaca.
Kacang hijau merupakan salah satu tanaman yang bernutrisi tinggi. Didalamnya terkandung protein,Vitamin B, A, dan E. Selain itu juga bisa untuk melancarkan BAB dan menambah semangat. Dengan dasar-dasar dari atas dapat kita simpulkan bahwa kacang hijau sangatlah bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.
Perkecambahan kacang hijau juga relatif cepat pada beberapa media tanam dan kondisi lingkungan. Sehingga kami memilih kacang hijau sebagai bahan penelitian kami. Kami sangat tertarik untuk melakukan inovasi pada kacang hijau, salah satunya kecambah. Kecambah merupakan salah satu tumbuhan yang multifungsional,selain dapat digunakan sebagai sayuran, juga sebagai makanan tambahan pada masakan nusantara. Dalam penelitian ini kami mencari tahu adakah pengaruh media tanam pada perkecambahan biji kacang hijau.
B. Rumusan Masalah
Apakah cahaya mempengaruhi proses perkecambahan pada kacang hijau?
C. Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor cahaya terhadap perkecambahan kacang hijau
D. Manfaat Penelitian
1. Sumbang saran sebagai langkah dalam memajukan pertanian Indonesia
2. Laporan Praktikum ini juga diharapkan sebagai acuan untuk menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. 
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori

B. Rumusan Hipotesis
Cahaya dapat memperlambat pertumbuhan kacang hijau.

BAB III
METODE PENELITIAN
A. Identifikasi Varibel
Variabel Manipulasi
Menggunakan cahaya yang berbeda, dilakukan dengan menanam kacang hijau pada intensitas cahaya yang berbeda-beda.
Variabel Respon
Perbedaan kecepatan perkecambahan pada biji kacang hijau yang diukur setiap hari.
Variabel Kontrol
Berupa jenis biji kacang hijau, suhu ruangan, dan media tanam yang sama.
B. Rancangan Peneltian
Perlakuan I : Biji kacang hijau ditanam pada kondisi cahaya cukup
Perlakuan II : Biji kacang hijau ditanam pada kondisi tanpa cahaya
C. Sasaran Penelitian
Menemukan kondisi cahaya pada tanaman yang dapat mempengaruhi kecepatan perkecambahan biji kacang hijau, dengan target penelitian 6 hari.
D. Alat dan Bahan

Alat:
• Gelas Aqua
• Penggaris
Bahan:
• Biji Kacang Hijau
• Kapas
• Air

E. Prosedur Pelaksanaan Penelitian
Prosedur pelaksanaan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Menyiapkan 2 gelas aqua dan memasukkan kapas dan air ke dalam gelas aqua tersebut.
2. Meletakkan biji kacang hijau diatas kapas tadi.
3. Memberi nama/tanda pada 2 gelas aqua tadi (A dan B).
4. Gelas A diletakkan di tempat yang memperoleh cahaya cukup, gelas B diletakkan di tempat yang tidak memperoleh cahaya.
5. Mengamati, menilai, dan menanggapi tentang pengaruh cahaya pada pertumbuhan biji kacang hijau setiap hari selama 6 hari.
6. Mencatat perkembangan-perkembangan yang terjadi pada biji kacang hijau.
F. Rencana Analisis Data
Data di analisa setelah kurun waktu yang telah di tentukan. Dalaam penelitian ini waktu yang di perlukan adalah 6 hari. Data tersebut akan kami rata-rata sesuai dengan ketentuan. Setelah hasil anasilisa keluar, akan kami gunakan untuk menguji hipotesa kami.
G. Jadwal penelitian
Hari ke 1-2 : mencari alat dan bahan yang dibutuhkan
Hari ke 3 : mempersiapkan alat dan bahan
Hari ke 4-9 : melakukan penelitian
Hari ke 10-11 : analisis data
Hari ke 12-16 : membuat laporan

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Data Penelitian
Hari ke- Panjang Kacang Hijau (cm)
Gelas A Gelas B
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
1 – – – – – – – – – –
2 1 1 0,7 0,6 0,8 1,2 1 1,5 1 1
3 1,2 1,1 0,8 1 1,1 2,3 2,1 2 2,5 2,4
4 5 4 0,8 4,5 1,2 8 9,5 2,5 9,8 8,5
5 7,6 6,2 0,8 9,8 1,2 11 12,6 3,2 13,2 11,8
6 11 10,3 0,8 13 1,2 18,5 19,4 5 19,5 19

B. Analisa Data
1. Hasil dari data eksperimen menunjukkan adanya perbedaan kecepatan perkecambahan kacang hijau berdasarkan perbedaan cahaya lingkungannya.
3. Tanaman kacang hijau yang diletakkan pada kondisi gelap mengalami perubahan tinggi yang lebih cepat daripada tanaman kacang hijau yang ditanam pada kondisi terang.

BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pada dasarnya tumbuhan membutuhkan cahaya. Banyak sedikitnya cahaya yang dibutuhkan tiap tumbuhan berbeda-beda. Dari percobaan yang telah kita lakukan terhadap perkecambahan kacang hijau dengan biji, air dalam dalam kapas yang sama namun dengan cahaya yang berbeda (ditempatkan pada tempat yang bercahaya dan tanpa cahaya), kita dapat mengambil kesimpulan bahwa hipotesis yang kita perkirakan telah benar.
Tumbuhan yang berada pada tempat gelap akan lebih cepat tinggi (etiolasi) daripada tumbuhan yang berada di tempat terang/bercahaya. Atau dapat dikatakan bahwa cahaya memperlambat/ menghambat pertumbuhan meninggi (primer). Hal tersebut dapat terjadi karena cahaya dapat menguraikan auksin.
B. Saran
Dari kesimpulan-kesimpulan di atas, penulis mengemukakan saran-saran terutama yang menjadi objek permasalahan dalam Laporan Praktikum ini sehingga dalam pelaksanaan penelitian di masa mendatang dapat menghasilkan kesimpulan-kesimpulan yang lebih akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.
1. Dalam pelaksanaan penelitian siswa harus lebih teliti dan cermat, dan diperlukan uji ulang terhadap hasil penelitian.
2. Kritik dan saran dari guru serta pembaca sangat kami butuhkan untuk kesempurnaan Laporan Praktikum ini.


DAFTAR PUSTAKA

By Zhaa Nizzt

Example of Explanation Text

How does Rain Happen?

Rain is the primary source of fresh water for most areas of the world, providing suitable conditions for diverse ecosystems, as well as water for hydroelectric power plants and crop irrigation.

The phenomenon of rain is actually a water circle. The concept of the water cycle involves the sun heating the Earth’s surface water and causing the surface water to evaporate. The water vapor rises into the Earth’s atmosphere. The water in the atmosphere cools and condenses into liquid droplets. The droplets grow until they are heavy and fall to the earth as precipitation which can be in the form of rain or snow.

However, not all rain reaches the surface. Some evaporates while falling through dry air. This is called virga, a phenomenon which is often seen in hot, dry desert regions.

Explanation Text

How do seasons happen?

 

Seasons come to us regularly. We have probably noticed that it gets warmer in summer or dry season while it get colder in the winter or wet season. However do we know how these seasons change?

Seasons happen and change every year. This happens because the earth tilts back and forth as it goes around the sun. During the summer, the earth tilts toward the sun. It makes half of the earth hotter. this condition is what we call summer. During the other half of the year, the earth tilts away from the sun. As a result, it makes that half of the earth cooler. This cool condition is then what we call winter.

The different parts of the world have the same season at different times. In the northern half of the world , winter happens during the months of December, January and February. The regions are such North America and Europe. In the other hand, the southern half of the world have winter during the months of June, July and August.The regions are like South America and Australia. How does this difference happen? The same season happens at different times because the top and bottom halves of the earth tilt away from the sun at different times.

Explanation Text

Definition and purposes of Explanation
Explanation is a text which tells processes relating to forming of natural, social, scientific and cultural phenomena. Explanation text is to say ‘why’ and ‘how’ about the forming of the phenomena. It is often found in science, geography and history text books.

Generic structure of Explanation
General statement; stating the phenomenon issues which are to be explained.
Sequenced explanation; stating a series of steps which explain the phenomena.

Language Feature of Explanation
Featuring generic participant; sun, rain, etc
Using chronological connection; to begin with, next, etc
Using passive voice pattern
Using simple present tense

Contoh Explanation Text 1

How Cell Phone Work

A cell phone is a great gadget in this modern world. What is a cell phone? A cell phone is actually a radio in certain way. Like a radio, by a cell phone we can communicate to other people in real time. Million people use cell phone for their communication. Even nowadays, people use cell phones to communicate in voice, written and data. Alexander Graham Bell is the person who make great change in the way people communicate to each other. He invented a telephone in 1876. While wireless radio was formally known in 18994 presented by Guglielmo Marconi. By these two technologies, then a cell phone was born. However do you know how actually cell phones work?

This short explanation on how a cell phone work is really wonderful. A cell phone or in long term “cellular telephone’ works by transmitting signals of radio to towers of cellular. The towers are networked to a central switching station. The connection usually uses wire, fiber optic-cables, or microwave.

Then the central switching station which handles calls in certain given area is directed connected to the wire-based telephone system. Cellulars are pick up by the towers and relayed to another cellular telephone user or the user of wire-based telephone network.

the towers vary in the capacity and capability to receive signals. Some can receive the signal from short distance and the others can receive more distance. However, there are usually more than one tower in certain given area so that the system can handle the increasing telephone traffic.

Contoh Explanation Text 2

Photosynthesis

What is photosynthesis? Photosynthesis is a food-making process that occurs in green plants. It is the chief function of leaves. The word photosynthesis means putting together with light. Green plants use energy from light to combine carbon dioxide and water to make sugar and other chemical compounds.

How is the light used in photosynthesis?

The light used in photosynthesis is absorbed by a green pigment called chlorophyll. Each food-making cell in a plant leaf contains chlorophyll in small bodies called chloroplasts. In chloroplast, light energy causes water drawn form the soil to split into hydrogen and oxygen.

What are the steps of photosynthesis process? Let me tell you the process of photosynthesis, in a series of complicated steps, the hydrogen combines with carbon dioxide from the air, forming a simple sugar. Oxygen from the water molecules is given off in the process. From sugar together with nitrogen, sulphur, and phosporus from the soil-green plants can make starch, fat, protein, vitamins, and other complex compounds essential for life. Photosynthesis provides the chemical energy that is needed to produced these compounds.

By Zhaa Nizzt

Explanation Text

Definition and purposes of Explanation
Explanation is a text which tells processes relating to forming of natural, social, scientific and cultural phenomena. Explanation text is to say ‘why’ and ‘how’ about the forming of the phenomena. It is often found in science, geography and history text books.

Generic structure of Explanation
General statement; stating the phenomenon issues which are to be explained.
Sequenced explanation; stating a series of steps which explain the phenomena.

Language Feature of Explanation
Featuring generic participant; sun, rain, etc
Using chronological connection; to begin with, next, etc
Using passive voice pattern
Using simple present tense

By Zhaa Nizzt

Kode Tombol Rahasia Ponsel Nokia – Kunci Trik Cara Buka Secret Code Akses HP/Handphone/Telepon Selular/Seluler Nokia Anda

Berikut ini adalah kunci kode tombol rahasia yang dapat anda jalankan sendiri dengan mengetiknya di keypad hp ponsel anda yang bermerek Nokia baik yang cdma maupun yang gsm.
1. Melihat IMEI (International Mobile Equipment Identity)
Caranya tekan * # 0 6 #
2. Melihat versi software, tanggal pembuatan softwre dan jenis kompresi software
Caranya tekan * # 0 0 0 0 #
Jika tidak berhasil coba pencet * # 9 9 9 9 #
3. Melihat status call waiting
Caranya tekan * # 4 3 #
4. Melihat nomor / nomer private number yang menghubungi ponsel anda
Caranya tekan * # 3 0 #
5. Menampilkan nomer pengalihan telepon all calls
Caranya tekan * # 2 1 #
6. Melihat nomor penelepon pada pengalihan telepon karena tidak anda jawab (call divert on)
Caranya tekan * # 6 1 #
7. Melihat nomor penelepon pada pengalihan telepon karena di luar jangkauan (call divert on)
Caranya tekan * # 6 2 #
8. Melihat nomor penelepon pada pengalihan telepon karena sibuk (call divert on)
Caranya tekan * # 6 7 #
9. Merubah logo operator pada nokia type 3310 dan 3330
Caranya tekan * # 6 7 7 0 5 6 4 6 #
10. Menampilkan status sim clock
Caranya tekan * # 7 4 6 0 2 5 6 2 5 #
11. Berpindah ke profil profile ponsel anda
Caranya tekan tombol power off tanpa ditahan
12. Merubah seting hp nokia ke default atau pabrikan
Caranya tekan * # 7 7 8 0 #
13. Melakukan reset timer ponsel dan skor game ponsel nokia
Caranya tekan * # 7 3 #
14. Melihat status call waiting
Caranya tekan * # 4 3 #
15. Melihat kode pabrik atau factory code
Caranya tekan * # 7 7 6 0 #
16. Menampilkan serial number atau nomer seri hp, tanggal pembuatan, tanggal pembelian, tanggal servis terakhir, transfer user data. Untuk keluar ponsel harus direset kembali.
Caranya tekan * # 92702689 #
17. Melihat kode pengamanan ponsel anda
Caranya tekan * # 2 6 4 0 #
18. Melihat alamat ip perangkat keras bluetooth anda
Caranya tekan * # 2 8 2 0 #
19. Mengaktifkan EFR dengan kualitas suara terbaik namun boros energi batere. Untuk mematikan menggunakan kode yang sama.
Caranya tekan * # 3 3 7 0 #
20. Mengaktifkan EFR dengan kualitas suara terendah namun hemat energi batere. Untuk mematikan menggunakan kode yang sama.
Caranya tekan * # 4 7 2 0 #
21. Menuju isi phone book dengan cepat di handphone nokia
Caranya tekan nomer urut lalu # contoh : 150#
22. Mengalihkan panggilan ke nomor yang dituju untuk semua panggilan
Caranya tekan * * 2 1 * Nomor Tujuan #
23. Mengalihkan panggilan ke nomor yang dituju untuk panggilan yang tidak terjawab
Caranya tekan * * 6 1 * Nomor Tujuan #
24. Mengalihkan panggilan ke nomor yang dituju untuk panggilan ketika telepon hp anda sedang sibuk
Caranya tekan * * 6 7 * Nomor Tujuan #
Keterangan Tambahan :
– Kode diinput tanpa spasi
– Ada kode-kode nokia yang berlaku pada tipe tertentu saja

By Zhaa Nizzt

Art Performance

Art Performance atau lebih dikenal dengan istilah pergelaran seni merupakan suatu bentuk pengungkapan kreativitas manusia yg berbasis pada nilai-nilai etika dan estetika yang dijabarkan dalam pemahaman apresiasi yang tertuang dalam berbagi macam bentuk. Bahkan suatu pergelaran seni sering ditafsirkan sebagai ungkapan emosi dan hasrat sang pelaku seni terhadap orang lainserta berusaha agar orang itu tertarik sehingga dapat menerima dan memahami maksud pelaku seni tersebut. Namun demikian, bagi sebagian besar masyarakat suatu pergelaran kesenian dipandang sebagai sesuatu kegiatan yang hanya bersifat kesenangan semata tanpa memandang lebih dalam tentang apa yang ingin disampaikan dalam pergelaran tersebut. Hal tersebut menyebabkan masyarakat pada umumnya menganggap bahwa kesenian adalah hal yang kurang bermanfaat dan kurang bernilai dibandingkan sektor sosial lainnya. Anggapan seperti itu mengakibatkan semakin lebarnya jurang pemisah diantara kesenian dengan lingkup sosial lainnya.
Untuk menghilangkan cara pandang tersebut, para pelaku seni telah berusha dengan keras untuk menyosialisasikan materi-materi kesenian kepada masyarakat, antara lain dengan mengadakan pergelaran seni secara berkesinambung kepada berbagai lapisan masyarakat dengan menggunakan berbagai macam media, seperti body art, puisi, teater, musik, ruang, maupun dengan menggunakan peralatan-peralatan electronik seperti videotape, digital video disc dan lain-lain. Dengan demikian, melalui sistem sosialisasi yang demikian gencar tersebut diharapkan masyarakat dapat memahami dan menghargai arti dari suatu hasil karya seni, baik dipandang dari aspek kebendaan maupun dari makna yang terkandung di dalamnya. Pada akhirnya, kesenian dapat digunakan sebagai alat pemersatudalam mewujudkanperdamaian dunia.

By Zhaa Nizzt

Cerpen-Ngertiin Gue Donk!!!!

“PINDAH  sana! Cepetan! Ini tempat duduk gue!” seru Bondan sambil menggebrak meja di depan Irma.

Irma tetap membaca novelnya tanpa menghiraukan teriakan Bondan.

“Bondan, apa-apaan, sih?! Kan, bisa cari tempat lain!” sanggah Nila.

“Elo kan, kemarin nggak masuk. Nggak salah dong, Irma duduk di sini?!”

“Nggak usah ikut campur, Nil!” seru Bondan.

“Heh, gue ngomong sama elo!” teriak Bondan langsung, di dekat telinga Irma.

Irma berdiri dan berkacak pinggang.

“Gue nggak budek, tau?! Lagian, wali kelas nyuruh gue duduk di sini! Elo udah dianggap ilang dari kelas. Sekarang, cari tempat duduk lagi dan jangan ganggu gue!”  seru irma.

“Kurang ajar! Anak baru belagu amat, sih!” seru Bondan hampir menampar pipi Irma, tapi diurungkannya.

“Dasar, cuma bisa ngomong doang!!! Nggak berani tampar gue, kan?” bentak Irma sengit.

Bondan meninggalkan meja itu dengan tergesa.

Hatinya jengkel luar biasa. Baru kali ini ada orang nggak nurut padanya. Dan yang membuatnya lebih jengkel, itu dilakukan oleh murid baru. Cewek lagi!

“Huh, awas aja!!! Tunggu pembalasan gue!”

 

HARI itu, di kelas Irma. Tidak seperti biasanya, biasanya Pak Puguh datang ke kelas untuk mengisi pelajaran mereka, tetapi hari itu Bu Rini yang datang ke kelas mereka.

“Anak-anak,, Pak Puguh hari ini tidak bisa mengajar Olahraga karena mendadak ada urusan ke luar.” Kata Bu Rini.

“HOREEE!!!!!!!” Teriak anak-anak serempak

“Jam kosong ya, Bu??” Tanya Bondan.

“Iya Bu, jam kosong ya??” Timpal Yana

“Tidak anak-anak. Kalian tetap harus olahraga, dan menggunakan seluruh peralatan olahraga yang ada di sekolah.”

“Yah…. Cape dehh!!!!” Keluh mereka serempak

“Oya, siapa ketua kelasnya?”Tanya Bu Rini

“Bondan, Bu..” jawab anak-anak .

“Bondan, kamu yang bertanggung jawab dengan anak buahmu. Silahkan ambil peralatan olahraga yang kalian butuhkan” Kata Bu Rini.

“Baik, Bu” Kata Bondan tunduk.

 

Walaupun begitu, murid-murid merasa gembira luar biasa. Anak-anak IPA-1 termasuk Irma dan teman-temannya langsung pergi untuk bersalin baju olahraga dan menuju ke lapangan olahraga lalu sibuk dengan aktivitas masing-masing. Ada yang main basket, ada yang badminton, ada yang senam dengan matras, ada yang main vo-li. Ada yang cuma lari ke sana kemari. Ada yang duduk-duduk, ngobrol. Pokoknya suka-suka mereka deh..!

Saat Bondan mau keluar kelas, ia melihat bangku Irma dan melihat sepasang sepatu kets terletak di bawah meja tersebut. Melihat kondisi kelas yang kosong, sebuah niat jelek merasuki otak Bondan.

 

“Hahaha.. Ada sepatunya Irma nih, mumpung gak ada yang lihat, gue ambil aja sepatunya. Biar tahu rasa dia” Katanya licik. Dia pun mengambil sepatu tersebut.

 

Setelah selasai bersalin, Irma dan teman-temannya kembali ke kelas untuk mengambil sepatu mereka.

 

“Duh, sepatu gue mana sih?” tanya Irma sibuk sendiri sambil mencari-cari sepatunya.

“Di kolong meja kali???” Kata Imel

“Gak ada, tadi gue juga taruh disitu, tapi gak ada..” Jawab Irma.

“Keselip kali?” Tebak Yana

“Gak mungkin lah, sepatu kan besar, masa’ keselip?? Kertas kali??”Kata Imel

“Ketinggalan kali, Ir,” kata Nila.

“Nggak mungkin. Gue udah bawa tadi.” Kata Irma

“Atau elo udah pindahin ke tas lagi?”sahut Imel.

Irma langsung membuka tasnya. Namun, sepatu itu juga nggak ada di sana.

“Elo bantu gue donk, bingung nih gue…”Kata Irma

“Bantu gimana, gue juga gak tahu dimana sepatu elo..” Kata Yana

“Kita coba aja cari, kasian Irma sibuk sendiri” ucap Imel bijak.

“Iya nih, masa’ elo tega biarin temen elo susah?” Sahut Nila.

Teman-temannya hanya memandangnya dengan tatapan nggak tahu. Irma melihat teman temannya yang asyik berlarian ke sana ke mari sambil mengoper bola basket. Irma jadi pengin cepet-cepet gabung, tapi kayaknya nggak mungkin kalo tanpa sepatu ketsnya.

“Tenang Ir, kita bantuin elo nyari kok..” Kata Nila menghibur.

“Positif thinking aja, sepatu itu pasti ketemu kok” Kata Imel

“Oya, pinjem anak kelas lain aja..” Usul Yana

“Pinjem ma siapa? Gue kan belum kenal anak sini” Kata Irma

“Pinjem ke Nina aja, anak IPA-2 juga kan ada jadwal penjas..” Kata Yana

“Yuk, kita kesana!!!”Ajak Imel.

 

Mereka pun keluar. Siapa tau, Irma bisa minjem sepatu Nina. Soalnya, tinggi mereka hampir sama. Siapa tau, ukuran sepatunya juga sama.

“Nila!!!”panggil Dwi anak kelas lain yang kebetulan mencari mereka.

Langkah mereka langsung terhenti saat Dwi tiba-tiba memanggil salah satu dari mereka dari belakang.

“Ada apa??”Tanya Nila heran.

“Elo kenal Irma gak? Dia katanya anak baru di IPA-1??”Tanya Dwi tanpa menyadari bahwa Irma ada di situ.

“ehm,, gue Irma..”kata Irma

“Gue kesini sengaja buat cari elo.” Kata Dwi

“Ada apa?”

“Tadi gue mau pasang Pengumuman PMR di Mading, teruss….” Kata-kata Dwi terhenti

“Terus apa?”Tanya Imel penasaran

“Kalian lihat aja deh, gue bingung ngejelasinnya..”Kata Dwi

“Ya udah kalo gitu, kita kesana!!!!”Kata Yana.

Mereka pun segera pergi menuju mading.

“Tunggu!!!”Seru Dwi

“Ada apa lagi sih?” Tanya Yana

“Gue kan belum kenalan ma Irma..”Kata Dwi

“Ntar aja deh, kapan-kapan..!”Kata Nila yang udah gak sabar menuju mading. Mereka pun melanjutkan langkahnya.

“Tunggu!!!!”

“Apa lagi sih??” Tanya Yana mulai gak sabar.

“Gue ikut, boleh kan?”tanya Dwi

“Ayo!!cepetan”

 

Sesaat, mereka sudah berada di depan mading. Siapa pun berhak memasang iklan di situ. Di pinggir mading bertengger sepatu kets birunya yang dicari-cari setengah mati dengan kalimat iklan yang membuatnya langsung naik pitam.

“Diobral…! Murah meriah! Sepatu kets asii Amerika, dijamin awet & bau. Pemiliknya jorok & nggak tahu malu! sekaili cuci langsung luntur …. Cuma goceng …!

Hubungi: Irma, murid baru yang bego kelas IPA-1 08179912345.”

 

Irma langsung meninggalkan temen-temenya untuk ke lapangan basket, tempat Bondan dan teman-teman segenknya maen basket. Dia langsung menarik Bondan.

“Heh, apa-apaan elo? Gue nggak ada urusan sama elo!” seru Bondan sambil mencoba menarik tangannya dari cengkeraman Irma.

“Ngomong sekali lagi kalo ini bukan kerjaan elo!” bentak Irma berani. Nila, Yana, Imel, dan Dwi melihat Irma takut sekaligus setengah geli dan kasihan sama Irma.

“Ambil sepatu gue dan tulis permintaan maaf elo gede-gede!” seru Irma lagi.

Bondan tertawa terkekeh. “Gue? Heh, cewek bego! Gue nggak akan minta maaf! Itu bukan kerjaan gue! Buat apa gue ngambil sepatu elo yang bau itu? Hah, dasar tolol!” serunya langsung ninggalin Irma.

Emosi Irma langsung naik ke ubun-ubun, ia langsung menendang Bondan hingga jatuh terjengkang.

“Dasar pengecut!” bentak Irma keras.

“Beraninya di belakang doang!” Kata Bondan

“Ngomong apa elo barusan? Belum tau apa, rasanya digampar?!!!” seru Bondan sambil melayangkan tamparan pada pipi Irma.

“Elo yang bikin gara-gara. Nangis, nangis lo sekarang!” seru Bondan sambil meninggalkannya.

 

Irma terduduk sambil menangis. Hatinya sakit sekali.

“Maaf Ir, kita gak berani belain elo..”Kata Yana

“Sebenernya, gue udah tahu dari awal alo Bondan yang nglakuin. Tapi gue gak berani nglarang dia” Kata Dwi

“Sabar ya, dia emang sok, anak-anak gak ada yang berani melawan dia”Kata Imel

“Iya, fisik gue gapapa, tapi hati gue sakit banget..”Kata Irma

“Oya, Dwi, mending elo ambil sepatunya gih,,, sebelum anak-anak istirahat and ngelihat” Kata Yana

“Lho??Kok gue sih??”Jawab Dwi ogah-ogahan.

“Elo itu, bantu Irma dikit napa?”Kata Imel rada’ kesal.

“Iya,,Iya deh ..”Kata Dwi

 

DUA hari Irma nggak masuk kelas buat nyembuhin rasa malunya. Pengin rasanya ia kembali ke sekolah lamanya di Surabaya, namun itu mustahil. Orangtuanya udah mindahin Irma ke Jakarta. Sebenarnya, ia nggak merasa memiliki masalah, sampai cowok sialan itu mengganggu hidupnya. Ia nggak bersalah. Bukankah bangku itu ditentuin wali kelasnya?

 

“Kasihan Irma, pasti dia malu banget sama kejadian kemaren,,” Kata Nila

“Iya, gue juga pasti marah banget sama Bondan”Kata Yana

“Tuh!!! Bondan dateng..” Kata Imel

“Ndan, sini Lo!!!” Seru Nila

“Gue???”Tanya Bondan

“Iya, siapa lagi.. Buruan kesini!!!” Kata Nila..

“Nil, kita gak ikut campur ya,, gak berani gue,,” Ucap Yana kawatir.

“Napa??”Tanya Bondan

“Elo harus minta maaf sama Irma, dia gak masuk school gara-gara elo.”Kata Nila

“Lho???Kok gue??dia yang nyari gara-gara duluan. Napa harus gue yang minta maaf?”

“Jelas-jelas Elo yang nyembunyiin sepatunya Irma. Masih gak ngaku lagi??”Kata Imel

“Kata siapa???”Kata bonta ngotot.

“Dwi yang lihat..”Kata Imel.

“Sial!!!Ember banget sih itu anak!!” Kesal Bondan

“Maaf Ndan, Kalau boleh jujur ya, sebenernya Irma gak salah,” Yana menjelaskan dengan cemas.

“Iya, itu kan perintah guru,, gak mungkin donk, dia nolak” Kata Imel

“Bodo!!! Yang penting, gue gak mau pindah bangku!!!” Bondan ngotot

“elo tega banget sih?? Gue gak suka cowok kasar kaya’ Elo!!” Kesal Nila

“Iya, kita gak suka cowo’ yang maen gampar cewe’!!!”Timpal Imel.

“Hah!!!!!!! Terserah kalian mau bilang apa??!!!” Bondan menunjuk mereka satu persatu sambil bilang:

“Elo,,,, Elo,,, dan Elo,,, gak bakal ngerti perasaan gue!!!” Kata Bondan kesal. Dia pun pergi meninggalkan cewek-cewek itu.

 

Besoknya, Irma masuk. Saat pulang sekolah, Irma pulang bareng temen-temennya. Ia sengaja jalan karena mereka mau pergi ke mal. Ada beberapa keperluan keterampilan yang harus dibeli. Saat belum jauh dari sekolah, Mungkin karena terlalu asyik ngobrol, Irma nggak sadar berjalan terlalu tengah. Tanpa disadari, Dwi yang mengendarai motor dari arah belakan mereka melintas dengan kecepatan tinggi.

“Awas!!!!!!” Seru Bondan.

Saat itu, Bondan yang melihatnya langsung berlari dan mendorong Irma menjauh. Irma hanya terjatuh, tapi Bondan tertabrak dan berlumuran darah.

 

“Oh My God, maaf,, tadi gue buru-buru pulang,, cepet bawa Bondan ke UKS!!!” Kata Dwi

 

Bondan pingsan! Beberapa siswa yang masih ada di situ, langsung mengerumuninya dan sebagian mengangkat Bondan ke ruang UKS.

 

“Aduh, gimana ini?? Gara-gara nolongin gue, Bondan terluka.” Kata Irma cemas

“semoga dia baik-baik aja!!” Kata Yana

“Gue harus lihat kondisi Bondan!!! Gue gak mau dia kenapa-napa..” Kata Nila.

 

MESKIPUN masih kesal dengan semua ulah Bondan, Irma terpaksa harus melihat kondisi Bondan. Bagaimanapun, Bondan telah menyelamatkan nyawanya.

Di depan UKS, mereka melihat Dwi yang baru saja keluar dari ruangan tersebut.

 

“Dwi, gimana Bondan??”Tanya Nila

“Gak tahu, gue minta maaf banget, semua gara-gara gue.”Kata Dwi nyesel.

“Makanya, kalo naik motor tuh hati-hati.”kata Imel kesel.

“Iya, gue juga bener-bener nyesel..” Kata Dwi

“Sudah lah, semua dah terjadi, semoga Bondan gak kenapa-kenapa..”Kata Nila.

 

Bu Rini yang tiba-tiba keluar dari UKS menghampiri mereka.

 

“Tidak usah resah, anak-anak! Masa kritisnya sudah lewat. Hanya menunggu dia sadar,” kata Bu Rini.

Irma mengangguk. “Gue nyesel, Nil. Gue kira, dia orang jahat.”

“Bondan emang jahil. Semua orang pernah dijahilin dia. Tapi, pada dasarnya dia baik banget.” Kata Nila

 

Dalam hati Irma, ia janji mau minta maaf dan jadi temen Bondan. Mereka menunggu Bondan di depan ruang UKS. Sejak kecelakaan, Bondan belum sadarkan diri.

“Anak-anak, Bondan sudah siuman.”Kata Bu Rini keluar dari UKS.

“Alhamdulillah..”Kata anak-anak serempak

“Kita boleh masuk gak, Bu??” Tanya Irma

“Boleh, tapi kalian jangan banyak ngajak bicara, Dia masih harus banyak istirahat,.”Jelas Bu Rini.

Mereka pun masuk ke UKS. Dan melihat Bondan terbaring lemah di sebuah ranjang.

Irma  berjalan menghampiri Bondan, dan berdiri di samping ranjangnya.

 

“Maafin gue, Ndan. Gara-gara gue, elo kayak gini,” kata Irma.

“Iya, maafin gue juga ya..”Kata Dwi di belakang Irma.

Bondan tersenyum. “Nggak apa-apa. Gue juga minta maaf. Gue udah jahat sama elo, Nila! Gue yang bikin iklan itu.”

Irma mengangguk. “Gue udah tau dan udah maafin.”

“Kita friend-an, ya?” tanya Bondan.

Irma kembali mengangguk. “Gue punya permintaan,” kata Bondan lagi.

“Gue akan turuti permintaan elo.” Janji Irma.

“Really?”

Irma kembali mengangguk.

“Kembaliin bangku gue! Elo ngerti nggak sih, kalau gue cinta banget sama Nila?!” serunya.

Irma shock, Nila nggak percaya.

 

“Apa elo bilang, Ndan?” tanya Nila mendekat Tempat tidur Bondan.

“Gue ngotot ngebelain bangku itu demi elo, Nil! Gue pengin duduk di samping elo terus!” seru Bondan.

“Tapi, itu nggak mungkin, Ndan.”Jawab Nila.

“Kenapa nggak mungkin?”

“Gue nggak sayang sama elo.” Kata Nila ragu.

“Kalau gitu, gue mau mati aja!” seru Bondan langsung pingsan kembali.

Nila dan Irma panik. Mereka langsung manggil Bu Rini.

“Bu,,, BU Rini!!!! Bondan pingsan lagi, Bu”

Bu Rini datang ngurus Bondan.

“Duh, kenapa dia harus pingsan lagi?” tanya Bu Rini terlihat heran saat memeriksa Bondan.

“Apa dia akan sadar, Bu?” tanya Nila cemas.

“Belum tau. Sepertinya, dia udah mau mati! Detak jantungnya juga udah lambat!” kata dokter itu terlihat cuek.

“Selamatkan dia, Bu! Oh Tuhan, selamatkan Bondan!” seru Nila.

 

Irma menguatkan hati Nila. “Sabar Nil, sabar! Bondan pasti sembuh!”

“Iya, kalau sembuh, gue akan terima cintanya, Ir. Elo mau tukeran bangku sama dia, kan?”Tanya Nila panik.

Irma mengangguk. “Tapi, tadi elo bilang nggak sayang sama dia?”

“Gue sayang. Cuma, gue males pacaran. Jadi gue pikir, sekarang biarin aja sobatan, ntar kalau udah siap dan cocok, ya langsung nikah.”

“Hah???NIKAH???!!!”Seru Imel, Irma, Dwi, dan Yana bersamaan.

“Serius Lo??” Tanya Imel gak percaya.

“Serius lah.. OH MY GOD, tolong selamatkan nyawa Bondan..” Do’a Nila

“Tapi, kalo gini keadaannya?”tanya Yana ragu

“Iya, deh. Kalau dia sembuh, gue terima!”seru Nila yakin.

“Sungguh, Nil?” tiba-tiba Bondan bangun dan mengagetkan Bu Rini yang sedang memeriksanya.

“Elo?” seru Nila kaget.

“Elo lupa kalau gue pemain drama ulung? Sekarang yang penting, cinta gue kan udah diterima, Nila sayanggg!” seru Bondan sambil tertawa.

Bu Rini bingung. Irma, Yana, Imel, dan Dwi masih terbengong-bengong.

“iihh!!!! Elo jahat, deh!!! Udah bikin gue jantungan” kata Nila kesal.

Mereka semua tertawa melihat Nila kikuk.

“Tapi tenang Nila, gue gak bakal bikin elo jantungan lagi, karena elo kan Calon Istri gue..” Kata Bondan lalu melihat teman-temannya. “Dan kalian sebagai saksinya, betapa sayangnya gue sama Elo, Nila sayang….”

“Sebel!!!!!”Kesal Nila.

By Zhaa Nizzt

Cara bikin cewe’ tertarik ma kamu

Cara untuk membuat cewek tertarik pada kamu adalah dengan TIDAK MENUNJUKKAN BAHWA KAMU TERTARIK PADANYA atau paling tidak, hanya sedikit saja tertarik padanya. Yah cewek memang aneh. Tapi begitulah kenyataannya. Cewek menginginkan sebuah hubungan yang murni dan mengalir dan bukan sebuah hubungan yang berawal dari taktik-taktik dan strategi yang sudah direncanakan (yang bagi semua cowok hal ini hampir tidak mungkin terjadi). Yang padahal dengan sikap seperti itu justru malah menimbulkan counter-effect dan membuat cowok-cowok merencanakan segala macam taktik dan strategi untuk menembus sikap itu. Tapi tentu saja cewek tidak menyadari hal ini. Well, they’re women. What do you expect? Kamu telah melakukan kesalahan dengan bertanya tentang perasaan dia kepada kamu. Sekarang dia sudah tahu kalau kamu juga tertarik padanya, atau paling tidak dia jadi berpikir kesitu. Jadi yang bisa kamu lakukan sekarang adalah menunjukkan bahwa kamu tidak begitu tertarik padanya namun terus membuat dia tetap terfokus pada kamu. Bagaimana caranya? Pernah dengar istilah ‘tarik-ulur’ yang sering disebut-sebut banyak orang? Meskipun memang kedengaran seperti mitos, but it works. Gunakan J2 (Jerk Joke: gaya bercanda yang mencela dia dan menempatkan kamu di atas dia. Untuk setiap kali kamu berkomunikasi dengannya. Baik bertemu secara langsung, di telepon, di sms,di PM Friendster maupun di chatting online. J2 akan memberikan kesan padanya bahwa kamu tidak begitu tertarik, tidak terintimidasi, membuat kamu memegang kendali, dan J2 sangat menyenangkan baginya juga! Lalu kamu bisa menyelipkan SEDIKIT (ingat.. SEDIKIT SAJA!) perhatian-perhatian yang manis yang membuat dia bertanya-tanya dan memikirkan apa maksud kamu yang sebenarnya.

By Zhaa Nizzt

pikiran Cewek…..ketika ditanya mengapa??

CEWEK SAYS :

“alasan knapa ce mengejar2 c0 playb0y yah spt alasan c0 pengen ngedapetin ce yg blom pernah pacaran. ce suka mengejar c0 yg playb0y adl krn ingin membuktikan klo dialah pelabuhan trakhir dr si c0 playb0y itu,klo dia bsa menaklukan c0 playb0y itu yah memang kadang2 pikiran tuh ce salah,krn pada nyatanya tuh c0 msh bsa putuz dgn dia dan jadian dgn org laen. tapi buat para c0,klo pengen ditaksir ama qt para kaum wanita,jadilah c0 yg misterius.jgn jd c0 yg mudah ditebak!krn ce suka dgn c0 yg misterius, soalnya jd bkn penasaran dan qt,para ce
brusaha utk mencari tahu ttg c0 misterius itu. smakin bsa bkn qt pnasaran,smakin bagus
loh!huehehe…

gw mang stuju klo dlm pdkt,sebaiknya sang c0w0k jgn terlalu gampang buat ngebayar
smuanya!krn kesannya,k0k gampang banget yah nih c0! tp blh lah, klo misalnya pas makan c0
yg bayar,setelah tuh yah bayar masing2. dan yg gw gak suka adl kata2,”berhenti membayari
cewe dan malahan dibayari oleh mereka.” c0 tuh hrs punya harga diri.klo ada c0 ampe dibayarin ama ce.maka ce akan menganggap tuh c0 matre dan gak bsa menjamin.pdhl ce itu bth rasa aman! hehe… yah min. jgn ampe deh ada c0 yg dibayarin ce! bkl dianggap rendah ama kaum ce.

saran gw buat para c0.klo jd co,c0ba deh buat gak mudah ditebak!jadilah c0 misterius yg bsa
membuat ce pnasaran.jd smakin c0 itu berusaha meyakinkan ce,smakin mudah ditebak ama
ce,akan bkn ce mkn b0san ama c0 itu!
ada bnyk cara k0k buat ngeyakinin ce klo loe tuh adl c0 yg pantes tanpa ngeb0senin.loe hrs jd c0 yg mampu ngebuat ce jd ngerasa aman.truz tunjukin bakat loe,tanpa hrs s0mbong.yah kayak gitu!tapi inget, jgn ampe bkn loe mudah ditebak dan ngeb0senin!” – keithy

By Zhaa Nizzt

PROPOSAL SENI RUPA

PROPOSAL PENGAJUAN DANA

PERLENGKAPAN SARANA PRASARANA

KEGIATAN EKSTRAKULIKULER

SENI RUPA SMAN NGORO

 

  1. A.   LATAR BELAKANG

Organisasi merupakan suatu kelompok kerjasama antara orang-orang atau perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama. Setiap organisasi terdapat visi dan misi yang menjadi landasan berdirinya organisasi tersebut. Dengan adanya visi dan misi menghantarkan organisasi tersebut dalam suatu struktur yang solid. Namun tak selamanya hal itu terjadi dalam sebuah organisasi.

Untuk mendirikan suatu prganisasi, pastilah terdapat banyak liku. Adakalanya sebuah organisasi mencapai keberhasilan. Dan terkadang sebuah organisasi dapat berada di ujung tombak. Karena itu, untuk menjadi yang teerbaik perlu diadakan pelatihan dan pendidikan dasar guna membentuk pribadi organisasi yang solid dan kompleks.

Untuk itulah, kami anggota ekstrakulikuler “Seni Rupa” SMAN Ngoro mengajukan dana perlengkapan sarana prasarana kegiatan ekstrakulikuler “Seni Rupa” untuk kelancaran Kegiatan Belajar Mengajar, baik secara praktik maupun materi dalam kegiatan ekstrakulikuler “Seni Rupa”.

 

  1. B.   MAKSUD DAN TUJUAN
    1. Untuk mengembangkan kretifitas siswa.
    2. Melengkapi sarana prasarana.untuk kelancaran kegiatan ekstrakulikuler “Seni Rupa”.
    3. Menjadi ajang apresiasi siswa dalam bidang seni rupa.
    4. Mendukung pendidikan di bidang non akademis.
    5. Memfungsikan ekstrakulikuler Seni Rupa sebagaimana mestinya.
    6. Menjalin komunikasi yang baik antar pengurus dan anggota baru.
    7. Melengkapi program-program sekolah.

 

 

 

 

  1. C.    MANFAAT  KEGIATAN
    1. Rasa persaudaraan semakin tertanam
    2. Timbul semangat untuk bersaing di antara yang lain dengan cara yang sehat di bidang non akademis.
    3. Menjadi suatu penggerak untuk menggugah bakat seni rupa yang masih terpendam.
    4. Menjadikan suatu kemenangan adalah sebuah nilai tambah dari kompetisI  dan kekalahan adalah suatu  kemenangan yang tertunda.
    5. Salah satu visi dan misi sekolah tercapa

 

  1. D.   RUANG LINGKUP KEGIATAN
    1. 1.      Pembinaan kegiatan dilakukan oleh Bpk. Nugroho.
    2. 2.      Pelaksanaan kegiatan dilakukan pleh seluruh anggota ekstrakulikuler Seni Rupa.

 

  1. E.   JADWAL KEGIATAN

No

Hari

Minggu ke

Pukul

Jadwal

1

Kamis

I

13.15-1500

2

Kamis

II

13.15-1501

3

Kamis

III

13.15-1502

4

Kamis

IV

13.15-1503

 

 

  1. F.    PANITIA KEGIATAN
  • Ketua : Iis Setyaningsih
  • Sekretaris :
  • Bendahara : Irma Nur Lailatul Qodri
  • Anggota :

v  Laki-laki :

v  Perempuan :

  • Pembina : Bpk.  Nugroho H
  • Penanggung Jawab :

 

 

  1. G.  ANGGARAN DANA
No Nama Barang Jumlah Satuan Harga Satuan Total Biaya
1 Sketsel 1 Buah    
2 Pedhistal 1 Buah    
3 Pensil Warna “Faber Castle” (isi 18) 3 Pack    
4 Crayon “Titi” (isi 36) 2 Pack    
5 Cat AGA (eceran) 5 Buah    
6 Cat Minyak “Greco” (eceran)        
7          
8          
9          

 

  1. H.  PENUTUP

 


 

By Zhaa Nizzt