Pencemaran Lingkungan


Penceraman udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atsmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan. Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh suber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Pencemaran dapat mengakibatkan gangguan fisik, seperti polusi suara, panas, radiasi atau polusi cahaya, dianggap sebagai polusi cahaya.
Sumber polusi udara dibedakan menjadi dua yaitu pncemaran primer dan pencemaran sekunder. Pencemaran primer adalah subtansi pencemaran yang ditumbuhkan langsung dari sumber pencemaran udara. Karbon monoksida (CO) adalah contoh dari pencemaran udara primer karena itu merupakan hasil dari pembakaran. Pencemaran sekunder adalah subtansi pencemaran yang terbentuk dari reaksi pencemaran-pencemaran primer di atmosfer. Pembentukan ozon dalam (smog fotokimia) adalah sebuah contoh dari pencemaran udara sekunder.
Dampak dari pencemaran udara yang utama adalah mempengaruhi kesehatan. Subtansi pencemaran yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernafasan mencapai paru-paru dan dari paru-paru zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

By Zhaa Nizzt

One comment on “Pencemaran Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s